Kamis, 05 September 2013

Save energy dengan pepohonan dan kesejukan akan didapat dari taman mungilku


Apa yang seseorang tanam maka itulah yang akan ia tuai. Kalimat inilah yang membuat saya untuk berusaha menanam pohon di salah satu lahan taman saya yang cukup sempit. Luas taman yang hanya 4m x 3m tak menyurutkan niat saya untuk menghijaukan rumah. Rumah pertama yang kami miliki memang tak seberapa luas hanya 120 meter persegi akan tetapi berdiam di dalamnya kami merasa sejuk dan nyaman, begitu pula yang tamu-tamu kami bila berkunjung ke rumah.
“rasanya kalau nyampe ke rumah mbak pengennya tidur karena sejuk” kalimat inilah yang seringkali diucapkan oleh tamu-tamu yang berkunjung ke rumah.
Apa pasal? Saat memulai membangun rumah, kami memang merencanakan memiliki 2 taman, 1 taman berada di bagian dalam rumah yang berfungsi sebagai pengatur sirkulasi udara di dalam rumah. Sedangkan satu bagian taman berada di bagian depan rumah. Bila taman di bagian dalam rumah hanya ditanami rerumputan dan tanaman lidah mertua, cabe rawit, empon-empon/bumbu dapur maka untuk di bagian depan rumah saya menanaminya dengan beberapa jenis tanaman.
Tak hanya rerumputan, bunga-bungaan, namun juga terdapat 2 buah pohon mangga, 1 pohon delima dan 2 buah pohon cemara. Awalnya saya hanya menanam 1 pohon mangga dan 2 pohon cemara dengan asumsi bahwa untuk menyuplai oksigen bagi saya, anak dan suami minimal harus membantu dengan menanam pohon penyuplai oksigen. Namun  tak lama setelah ketiga pohon tersebut beranjak besar ternyata terdapat program dari komplek perumahan dimana kami tinggal untuk menanam minimal 2 pohon pelindung. Alhasil saya kebagian 1 pohon mangga dan 1 pohon delima yang ikut ditanam di taman kami nan mungil. Sudah terasa sesak namun ternyata setelah 3 tahun taman kami dipenuhi pepohonan, suhu ruang di rumah kami menjadi menurun, ini dibuktikan dengan turunnya angka penunjuk pada termometer ruang.

si kecil pun aman bermain di taman karena kesejukannya


Jadi, selain kami tak perlu menghabiskan energi listrik sebagai pendukung mesin pendingin ruangan/AC karena udara menjadi lebih sejuk karena ditumbuhi pepohonan ,  kamipun sudah mulai menikmati hasil dari beberapa pohon yang kami tanam. Mau rujakan? Tinggal petik. Mau jus tomat, Mangga, delima ? Tinggal petik. Mau bikin sambel? Tinggal petik. Selain nilai ekonomis yang kami dapat ternyata kami juga mendapatkan bonus pendingin udara alami dari pepohonan yang kami tanam beberapa tahun yang lalu. Jadi tidak ada ruginya menanam pohon di pekarangan rumah meski seringkali harus kerja bakti memungut dedaunan kering yang rontok tetapi dedaunan kering tersebut ternyata juga mendatangkan manfaat dengan mengolahnya sebagai kompos. Semuanya tersedia gratis di depan rumah . so, tak ada ruginya loh menanam tanaman di taman kita.



Berbagai khasiat buah-buahan salah satunya adalah buah Mangga (Mangifera indica). Buah ini adalah buah musiman yang terutama tersedia selama musim panas, biasanya dari akhir Maret sampai awal September. Buah tropis yang dikenal sebagai "raja buah" di India ini  diyakini berasal dari sub-Himalaya, dataran benua India dan sekarang tersebar luas di seluruh dunia.
buah mangga

Ada ratusan jenis mangga di seluruh dunia dengan berbagai macam warna mulai dari warna hijau, kuning, oranye, merah, atau kombinasi. Meskipun mangga mentah biasanya berwarna hijau, tapi pewarnaan tidak selalu merupakan indikator buah tersebut matang. Apabila buah tersebut sudah lembut tentunya sudah matang.

Buah Mangga adalah salah satu buah yang paling populer di dunia karena rasa yang unik dan nilai gizi yang sangat baik. Rasa buah ini digambarkan sebagai campuran eksotis rasa peach dan nanas, campuran sempurna manis dan asam. Buah mangga matang biasanya manis, dan mangga mentah adalah asam. Buah Mangga, baik matang dan mentah dapat dimakan.

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

Selain rasa yang menyenangkan, mangga juga merupakan salah satu buah yang paling bergizi. Satu cangkir mangga mengandung vitamin C hampir 25% dari asupan harian yang direkomendasikan, dua pertiga dari makanan harian untuk vitamin A, dan jumlah yang baik dari vitamin B6, vitamin E, pektin, fosfor, kalium, dan magnesium.
Selain itu, mangga juga kaya pythochemicals, seperti astragalin, betakaroten, dan quercetin, yang dapat membantu melindungi tubuh terhadap kerusakan akibat radikal bebas. Berikut adalah manfaat utama buah mangga bagi kesehatan.

Mencegah Kanker
Membantu dalam Pencernaan
Mencegah Penyakit Jantung
Menurunkan Tekanan Darah
Menurunkan Kolesterol LDL
Meningkatkan Kesehatan Mata
Meningkatkan Memori
Mengurangi Risiko Diabetes
Bermanfaat untuk Kulit
Mengobati Anemia

Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan
BUAH delima atau dikenal dengan nama latin punica granatum merupakan buah-buahan yang mampu tumbuh hingga 5 - 8 meter. Buah berbentuk bulat dengan biji berwarna merah ini memiliki kandungan antioksidan dan nutrisi yang baik untuk menangkal radikal bebas. Buah Delima ada tiga macam, yaitu buah delima putih, buah delima merah, dan buah delima ungu.
Ada berbagai manfaat kesehatan dari buah delima, salah satunya adalah sumber antioksidan, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Memperbaiki sel-sel yang rusak. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah delima untuk kesehatan:
1. Menurunkan kolesterol jahat
2. Menurunkan tekanan darah
3. Menjaga gigi tetap sehat
4. Mencegah nyeri sendi
5. Melawan kanker
6. Baik untuk kulit
7. Melindungi otak bayi
8. Menyembuhkan diare
9. Melindungi jantung
Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/sehat/2013/01/04/896/Manfaat-Buah-Delima-untuk-Kesehatan-

tulisan ini diikut sertakan pada Give Away Aku dan Pohon



Tidak ada komentar :

Posting Komentar